STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA LIANG BANGKAI KABUPATEN TANAH BUMBU
Abstract
Masalah yang diteliti menyangkut tentang Strategi Pengembangan Objek Wisata Liang Bangkai Kabupaten Tanah Bumbu serta bagaimana usaha pengembangan potensi pariwisata dan pengembangan promosi pariwisata di destinasi tersebut. Objek penelitiannya adalah tentang bagaimana Pengembangan Objek Wisata Liang Bangkai Kabupaten Tanah Bumbu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu mendeskripsikan suatu keadaan atau situasi yang ada di sekitaran lokasi penelitian serta tidak membuat perbandingan atau menghubungkan. Hasil menemukan bahwa strategi yang dilakukan oleh pengelola objek wisata Goa Liang Bangkai dan Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan masih belum maksimal, akan lebih baiknya jika terus ditingkatkan dan berinovasi serta lebih baiknya juga melibatkan generasi muda serta mahasiwa-mahasiswa untuk berperan aktif dalam menyebarluaskan informasi tentang wisata Goa Liang Bangkai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Strategi pengembangan yang dilakukan sekarang oleh pihak pengelola objek wisata Goa Liang Bangkai dan Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu masih belum maksimal, diharapkan ada tambahan strategi dalam pemasaran objek wisata tersebut. Walaupun setiap bulan ada sedikit peningkatan, hal tersebut masih belum memuaskan. Saran dari hasil penelitian sebaiknya pihak pengelola wisata Goa Liang Bangkai dan Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu bisa terus bekerjasama dalam melaksanakan acara-acara yang berlokasi di objek wisata Goa Liang Bangkai guna menarik lebih banyak lagi wisatawan yang masuk ke destinasi tersebut