PERANAN ROOM BOY PADA DEPARTEMEN HOUSEKEEPING DALAM MENANGANI KELUHAN TAMU PADA HOTEL RATTAN INN BANJARMASIN
Abstract
Peranan Roomboy dalam menangani keluhan tamu pada Hotel Rattan Inn Banjarmasin sat ini sudah sesuai dengan yang seharusnya?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif yaitu metode yang dilakukan untuk mengetahui gambaran, keadaan, suatu hal dengan cara mendeskripsikannya sedetail mungkin berdasarkan fakta yang ada tetapi penulis menjelaskanya dengan sesederhana mungkin agar mudah untuk di fahami, dengan maksud memberikan gambaran tentang objek penelitian.Berdasarkan hasil wawancara dengan para Staff pada departemen Housekeeping di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, dan beberapa Tamu, Peranan Roomboy saat ini sudah cukup baik dalam menjalankan operasionalnya, akan tetapi masih ada beberapa kinerja Roomboy yang perlu di tingkatkan atau training lagi. Contohnya yang harus di tingkatkan lagi seperti efisiensi waktu dalam pembersihan kamar, prioritas pembersihan kaar, dan cara pembersihan kamar yang baik.Kesimpulan dari penelitian ini adalah Peranan Roomboy saat ini sudah cukup baik dalam menjalankan operasionalnya, akan tetapi masih ada beberapa kinerja Roomboy yang perlu di tingkatkan atau training lagi, misalnya tentang efisiensi waktu pembersihan kamar, dan cara menangani komplain dari tamu sesuai standar operasional yang berlaku di hotel Rattan Inn Banjarmasin.Saran dari penelitian ini adalah Roomboy harus bisa mengatur prioritas dan efisiensi waktu pembersihan kamar agar complaint dari tamu dan front office bisa di minimalisir, dan Ketika Tamu complaint dan marah – marah ke kita hadapilah dengan sikap tenang dan tidak ikut terbawa suasana, mencoba untuk menenangkan tamu tersebut dengan berempati dan meminta maaf kepada tamu, dan segera mengambil tindakan atas complaint tersebut