PERANAN HOUSEKEEPING DEPARTMENT DALAM MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN KAMAR DI GRAND DAFAM Q HOTEL BANJARBARU
DOI:
https://doi.org/10.1234/jsp.v3i2.83Abstract
Masalah yang diteliti menyangkut pelayanan Housekeeping Department dalam membersihkan kamar serta menyiapkan kamar agar sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan oleh perusahan dalam meningkatkan tingkat hunian kamar di Grand Dafam Q hotel Banjarbaru. Objek pada penelitian ini adalah pelayanan yang diberikan oleh Housekeeping Department dalam mengetahui bagaimanan cara menyiapkan kamar serta meningkatkan tingkat hunian kamar di Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Deskriftif yang artinya menguraikan permasalahan suatu situasi tertentu yang bersifat faktual secara akurat berkaitan peranan Housekeeping Department dalam meningkatkan tingkat hunian kamar di Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru.Pada hasil penelitian menemukan bahwa masih terdapat karyawan yang kurang menerapkan standar operasional prosedur (SOP) sehingga pelayanan di Housekeeping Department masih kurang optimal dalam melaksanakan tugas yang telah diberikan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pelayanan yang kurang serta menyiapkan kamar yang masih kurang optimal dan mengakibatkan tamu harus menunggu lama karena keterlambatan dalam pelayanan dan misscommunication membuat tamu menghubungi berulang kali. Saran pada penelitian ini hendaknya selalu diberikan Training rutin pada pihak hotel dan selalu menetapkan standar operasional prosedur (SOP) agar kinerja karyawan semakin maksimal dan optimal serta memberikan hasil terbaik dalam mengerjakan tuganya dan juga membangun komunikasi yang baik kepada tamu, sesama karyawan maupun departemen lain, sehingga dapat meningkatkan tingkat hunian kamar yang lebih tinggi dari sebelumnya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Teddy Rosadi, Nursidah Serlina Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.