Jurnal Sosial Pariwisata
https://journal.akparnas.ac.id/index.php/jsp
<table class="data" width="100%" bgcolor="#f0f0f0"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="20%">Journal title</td> <td width="80%"><strong>Jurnal Sosial Pariwisata<br /></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Initials</td> <td width="80%"><strong>JSP</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Frequency</td> <td width="80%"><a href="https://journal.akparnas.ac.id/index.php/Script/issue/archive" target="_blank" rel="noopener"><strong>2 issues per year</strong></a><strong> (April & October)</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">DOI</td> <td width="80%"><strong>Prefix <br /></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">ISSN</td> <td width="80%"><strong><a href="http://issn.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1548341411&3226&&" target="_blank" rel="noopener">2656-7679</a> (print)<br /></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Editor-in-chief</td> <td width="80%"><a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=G7cuGSEAAAAJ&hl=id"><strong>Indra Saputra</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Publisher</td> <td width="80%"><a href="https://akparnas.ac.id/"><strong>Akademi Pariwisata Nasional Banjarmasin</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Citation</td> <td width="80%"><strong><a href="https://scholar.google.co.id/citations?hl=id&user=VAJvxKoAAAAJ">Google Scholar</a> | Garuda</strong></td> </tr> </tbody> </table> <p>The Jurnal Sosial Pariwisata is published by Akademi Pariwisata Nasional (AKPARNAS) Banjarmasin twice in a year. It focuses in promoting and publishing the research developments in the field of tourism sector especially in hospitality and travel industry issue. This journal is an international platform to facilitate new findings and discussions for those who are interested in hospitality and tourism research developments even though the topics may not directly be tourism based such as economics, statistics and sociology.</p> <p title="register">For author interested in submitting the manuscript, kindly <a href="https://journal.akparnas.ac.id/index.php/jsp/user/register"><strong>Register</strong></a> yourself. The author guidelines can be viewed it here, and the manuscript template can be downloaded <strong><a href="https://drive.google.com/file/d/1b6cXZ6j5K7l4i2qr8NWkXysLh1RKylg3/view">here</a>.</strong></p> <p>Already have a Username/Password for <strong>Jurnal Sosial Pariwisata </strong>go to <strong><a href="https://journal.akparnas.ac.id/index.php/jsp/login">Login Page</a> </strong>or you can go to <a href="https://journal.akparnas.ac.id/index.php/jsp/user/register"><strong>Sign up Page</strong></a> if you not register yet.</p>en-USakparnasbjm@gmail.com (Indra Saputra)akparnasbjm@gmail.com (Nilu Yuspasari)Thu, 26 Oct 2023 21:36:55 -0400OJS 3.2.1.1http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60PENGARUH PEMILIHAN PUTRA DAN PUTRI PARIWISATA KALIMANTAN SELATAN TERHADAP PROMOSI PARIWISATA DI KALIMANTAN SELATAN 2022
https://journal.akparnas.ac.id/index.php/jsp/article/view/87
<p><em>Masalah yang diteliti mengenai Pemilihan Putera dan Puteri Pariwata Kalimantan Selatan sebagai eksistensi dan pengembangan karakter generasi muda Provinsi Kalimantan Selatan dan Peran Putra dan Putri Pariwisata Kalimantan Selatan terhadap pariwisata Kalimantan Selatan.Objek penilitian ini dilakukan pada data pemilhan putra dan putri pariwisata Kalimantan selatan yang salah satu event di kelola bidang pemasaran pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan.Hasil penelitian menemukan bahwa masih kurangnya pengaruh pemilihan putra dan putri pariwisata Kalimantan Selatan terhadap promosi pariwisata Kalimantan Selatan. Kesimpulan dari penelitian ini menemukan bahwa Pemilihan Putera dan Puteri Pariwata Kalimantan Selatan menciptakan eksistensi dan pengembangan karakter generasi muda Provinsi Kalimantan Selatan dengan mengusung konsep promosi kepariwisataan dan berbagai aspek lainnya, Putra dan Putri Pariwisata Kalimantan Selatam memiliki peran yang penting terhadap pariwisata Kalimantan Selatan, dan Pemilihan Putra dan Putri Pariwisata terdapat kendala berupa keterbatasan anggaran, tenaga pelaksana, dan job description enforcement. Saran dari penelitian ini adalah untuk peserta pemilihan Putra dan Putri Pariwisata Kalimantan Selatan harus dipersiapkan untuk menghadapi event ini yaitu belajar mengenai pariwisata daerah asal dan juga provinsi Kalimantan Selatan. Persiapan mental yang baik agar bisa menghadapi segala tes, baik itu wawancara atau bakat, dan juga jangan lupa belajar bahasa asing sebagai nilai tambah, Event pemilihan Pariwisata ini harus lebih di follow up lagi, agar lebih banyak partisipan yang akan mengikuti event ini, Lebih di persiapkan lagi secara matang sebelum agar mengurangi kendala-kendala yang akan terjadi seperti keterbatasan anggaran, tenaga pelaksana, dan job description enforcement, dan Untuk intagram putra_putri_pariwisata_kalsel harusnya lebih aktif lagi tidak hanya aktif di saat pemilihan saja, tetapi juga setelahnya agar lebih terlihat peran nyata dari Putra dan Putri Pariwisata Kalimantan Selatan. Seharusnya selalu update paling tidak intagram story. Agar Putra dan Putri Pariwisata Kalimantan Selatan lebih di kenal masyarakat luas</em></p>Teddy Rosadi, esti noor fikamah
Copyright (c) 2022
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
https://journal.akparnas.ac.id/index.php/jsp/article/view/87Thu, 26 Oct 2023 00:00:00 -0400STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA LIANG BANGKAI KABUPATEN TANAH BUMBU
https://journal.akparnas.ac.id/index.php/jsp/article/view/88
<p><em>Masalah yang diteliti menyangkut tentang Strategi Pengembangan Objek Wisata Liang Bangkai Kabupaten Tanah Bumbu serta bagaimana usaha pengembangan potensi pariwisata dan pengembangan promosi pariwisata di destinasi tersebut. Objek penelitiannya adalah tentang bagaimana Pengembangan Objek Wisata Liang Bangkai Kabupaten Tanah Bumbu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu mendeskripsikan suatu keadaan atau situasi yang ada di sekitaran lokasi penelitian serta tidak membuat perbandingan atau menghubungkan. Hasil menemukan bahwa strategi yang dilakukan oleh pengelola objek wisata Goa Liang Bangkai dan Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan masih belum maksimal, akan lebih baiknya jika terus ditingkatkan dan berinovasi serta lebih baiknya juga melibatkan generasi muda serta mahasiwa-mahasiswa untuk berperan aktif dalam menyebarluaskan informasi tentang wisata Goa Liang Bangkai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Strategi pengembangan yang dilakukan sekarang oleh pihak pengelola objek wisata Goa Liang Bangkai dan Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu masih belum maksimal, diharapkan ada tambahan strategi dalam pemasaran objek wisata tersebut. Walaupun setiap bulan ada sedikit peningkatan, hal tersebut masih belum memuaskan. Saran dari hasil penelitian sebaiknya pihak pengelola wisata Goa Liang Bangkai dan Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu bisa terus bekerjasama dalam melaksanakan acara-acara yang berlokasi di objek wisata Goa Liang Bangkai guna menarik lebih banyak lagi wisatawan yang masuk ke destinasi tersebut</em></p>agung yoga asmoro, elfa yuntara
Copyright (c) 2022
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
https://journal.akparnas.ac.id/index.php/jsp/article/view/88Thu, 26 Oct 2023 00:00:00 -0400STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT DI TAMAN WISATA ALAM PULAU BAKUT KALIMANTAN SELATAN
https://journal.akparnas.ac.id/index.php/jsp/article/view/90
<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana strategi pengembangan pariwisata di TWA Pulau Bakut ditinjau melalui teknik analisis SWOT dengan disertai analisis IFAS/EFAS/SFAS. Metode penelitian dalam karya tugas akhir ini adalah deskriptif kualitatif, dimana data-data diperoleh dari sumber primer melalui wawancara dan observasi terhadap pemangku kepentingan pariwisata TWA Pulau Bakut, yaitu pihak pengelola, wisatawan, mitra usaha, dan masyarakat setempat. Data-data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor internal yang menjadi unsur kekuatan (strengths) TWA Pulau Bakut sebagai ODTW adalah keindahan alam, satwa endemik Bekantan (Nasalis Larvatus), potensi wisata edukasi, fasilitas yang memadai, serta keberagaman aktivitas wisatawan. Sedangkan unsur kelemahan (weaknesses) adalah kebersihan, fasilitas makanan dan minuman, keamanan jembatan, tidak tersedia pemandu wisata, dan tidak adanya paket wisata. Sementara faktor-faktor eksternal yang merupakan peluang (opportunities) diantaranya adalah potensi pengembangan pariwisata, kerja sama kemitraan dengan PT. Adaro Indonesia, manfaat finansial dan pemberdayaan bagi masyarakat lokal, serta pelestarian alam dan meminimalkan dampak. Adapun yang merupakan faktor-faktor ancaman (threats) dari TWA Pulau Bakut adalah terjadinya bencana/gangguan kapal batu bara, persaingan antar objek wisata, wisatawan yang kurang sadar lingkungan, aksi vandalisme, serta opini negatif. Hasil analisis SFAS menunjukkan bahwa TWA Pulau Bakut berada dalam posisi yang tepat dan sangat berpotensi untuk pengembangan ekowisata. Kesimpulan dari penelitian ini adalah TWA Pulau Bakut sudah cukup memadai dalam pemenuhan komponen pariwisata 6A serta sudah pula sesuai dengan prinsip-prinsip ekowisata sehingga berpotensi berkembang sebagai ODTW ekowisataunggulan Barito Kuala. Namun demikian, masih terdapat ruang bagi peningkatan pengembangan ODTW ekowisata yang lebih baik.</em></p>Indra Saputra, Rizkia Artanti
Copyright (c) 2022
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
https://journal.akparnas.ac.id/index.php/jsp/article/view/90Thu, 26 Oct 2023 00:00:00 -0400STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PRODUK DAN STRATEGI PEMASARAN DI KAFE SCHUMVUL COFFEE MARTAPURA
https://journal.akparnas.ac.id/index.php/jsp/article/view/91
<p><strong><em>Strategi Pengembangan Objek Wisata Bujur Matahari di Desa Bakti Kabupaten Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimantan Selatan, Masalah yang diteliti menyangkut penerapan strategi pengembangan objek wisata Bujur Matahari di Desa Bakti guna menjadikan wisata yang berkelanjutan.Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode Kualitatif, mengacu pada fakta-fakta yang ada dari data-data yang dikumpulkan, dan memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan pendukung yang berkaitan dengan strategi pengembangan objek wisata untuk menjadikan wisata yang berkelanjutan.Hasil penelitian menemukan bahwa strategi pengembangan objek wisata yang digunakan oleh pihak wisata Bujur Matahari belum maksimal. Beberapa fasilitas juga masih harus diperbaiki dan ditambah. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa strategi pengembangan yang dilakukan sekarang untuk menjadikan wisata yang berkelanjutan masih belum maksimal. Hal ini dikarenakan masih belum optimalnya fasilitas yang tersedia, dan sumber daya manusia yang kurang paham dengan bidang pariwisata.Saran dari hasil penelitian adalah hendaknya pihak pengelola objek wisata Bujur Matahari menambah anggota pengelola dengan sumber daya manusia yang paham dengan bidang pariwisata. Strategi pengembangan objek wisata Bujur Matahari saat ini jangan hanya berfokus pada pembangunan tahap duanya tetapi juga harus meng-update spot foto dan menambah variasi kuliner yang ada.</em></strong></p>muhammad ramdhani, m. afif mahesa satria
Copyright (c) 2022
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
https://journal.akparnas.ac.id/index.php/jsp/article/view/91Thu, 26 Oct 2023 00:00:00 -0400PERANAN ROOM BOY PADA DEPARTEMEN HOUSEKEEPING DALAM MENANGANI KELUHAN TAMU PADA HOTEL RATTAN INN BANJARMASIN
https://journal.akparnas.ac.id/index.php/jsp/article/view/92
<p><strong><em>Peranan Roomboy dalam menangani keluhan tamu pada Hotel Rattan Inn Banjarmasin sat ini sudah sesuai dengan yang seharusnya?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif yaitu metode yang dilakukan untuk mengetahui gambaran, keadaan, suatu hal dengan cara mendeskripsikannya sedetail mungkin berdasarkan fakta yang ada tetapi penulis menjelaskanya dengan sesederhana mungkin agar mudah untuk di fahami, dengan maksud memberikan gambaran tentang objek penelitian.Berdasarkan hasil wawancara dengan para Staff pada departemen Housekeeping di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, dan beberapa Tamu, Peranan Roomboy saat ini sudah cukup baik dalam menjalankan operasionalnya, akan tetapi masih ada beberapa kinerja Roomboy yang perlu di tingkatkan atau training lagi. Contohnya yang harus di tingkatkan lagi seperti efisiensi waktu dalam pembersihan kamar, prioritas pembersihan kaar, dan cara pembersihan kamar yang baik.Kesimpulan dari penelitian ini adalah Peranan Roomboy saat ini sudah cukup baik dalam menjalankan operasionalnya, akan tetapi masih ada beberapa kinerja Roomboy yang perlu di tingkatkan atau training lagi, misalnya tentang efisiensi waktu pembersihan kamar, dan cara menangani komplain dari tamu sesuai standar operasional yang berlaku di hotel Rattan Inn Banjarmasin.Saran dari penelitian ini adalah Roomboy harus bisa mengatur prioritas dan efisiensi waktu pembersihan kamar agar complaint dari tamu dan front office bisa di minimalisir, dan Ketika Tamu complaint dan marah – marah ke kita hadapilah dengan sikap tenang dan tidak ikut terbawa suasana, mencoba untuk menenangkan tamu tersebut dengan berempati dan meminta maaf kepada tamu, dan segera mengambil tindakan atas complaint tersebut</em></strong></p>agung yoga asmoro, fitrian
Copyright (c) 2022
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
https://journal.akparnas.ac.id/index.php/jsp/article/view/92Thu, 26 Oct 2023 00:00:00 -0400PERAN ORDER TAKER DALAM MENANGANI KELUHAN TAMU DI GALAXY HOTEL BANJARMASIN
https://journal.akparnas.ac.id/index.php/jsp/article/view/93
<p><em>Dalam era modern ini hotel didefinisikan sebagai suatu organisasi yang menyediakan sarana akomodasi, makanan atau minuman serta fasilitas lain yang dikelola secara komersial. Didalam sebuah hotel terdapat departemen-departemen yang mempunyai tugas dan fungsinya masing-masing namun saling berkaitan sehingga struktur didalam hotel tersebut berjalan dengan baik. Sehingga departemen housekeeping berperan sangat penting untuk menunjang oprasional di hotel, karena departemen housekeeping bagian yang bertanggung jawab atas pelayanan kebersihan dan kerapian kamar di hotel yang merupakan sarana mutlak yang harus disediakan hotel untuk dapat dikategorikan kedalam hotel berbintang.Masalah yang diteliti penulis yaitu bagaimana order taker untuk menangani complaint tamu di hotel Galaxy Banjarmasin.Dalam penulisan ini, analisis yang digunakan penulis adalah berupa analisis deskriptif yaitu analisa yang dilakukan secara sederhana tentang masalah dan keadaan yang ada dengan maksud memberikan gambaran tentang objek penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan penulis ini agar mengetahui bagaimana dan apasaja yang harus dilakukan pada saat menghadapai tamu complaint.</em></p>Fanggy Theresia Sumaco, Jessy Novella Nanda Darma
Copyright (c) 2022
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
https://journal.akparnas.ac.id/index.php/jsp/article/view/93Thu, 26 Oct 2023 00:00:00 -0400